BEAUTY & TIPS · HEALTHY

6 Manfaat JamuTradisional Dan Menyehatkan

Sebelum dunia medis semodern seperti saat ini, orang yang sedang sakit biasanya akan meminum obat-obatan tradisional atau biasa disebut dengan jamu. Obat ini juah lebih alami dibandingkan dengan yang ada apotek, sebab menggunakan bahan-bahan yang langsung dipetik dari alam. Selain bahannya mudah ditemukan, cara membuat jamu pun tergolong mudah. Biasanya cukup dengan menumbuknya kemudian diperas airnya.

Saat ini kita masih bisa menjumpai minuman sehat ini melalui penjual jamu gendong. Harganya yang relatif murah dan khasiatnya yang luar biasa, membuat jamu digemari masyarakat. Sama seperti obat, jamu juga memiliki banyak variannya. Dan berikut ini beberapa jamu populer yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Seperti dilansir dari Viva.co.id

1. Jamu beras kencur


Bisa dibilang inilah jamu yang paling digemari masyarakat. Rasanya yang tidak pahit tentu menjadi alasan tersendiri mengapa beras kencur disukai berbagai elemen. Jamu ini memiliki khasiat mampu menyembuhkan pegal-pegal dan linu pada anggota tubuh akibat kelelahan. Tak hanya itu saja, buat kalian yang bermasalah dengan nafsu makan, jamu beras kencur juga bisa menjadi solusinya.

2. Jamu kunir asam


Biasanya dimana ada beras kencur, maka di situ ada kunir asam. Menurut penjual jamu, kunir asam mampu menghindarkan peminumnya dari sariawan maupun panas dalam. Selain itu, jamu kunir asam juga mampu membuat perut jadi lebih dingin.

3. Jamu godhong kates (daun pepaya)


Ternyata pohon pepaya tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi manusia. Daun pepaya yang menggantung subur juga bisa dijadikan jamu. Meskipun rasanya cukup pahit, tetapi jamu daun pepaya berkhasiat menghindarkan peminumnya dari penyakit demam berdarah. Menurut beberapa masyarakat, rasanya yang pahit membuat darah orang yang meminumnya juga terasa pahit.

4. Jamu gepyokan


Buat wanita yang akan segera melangsungkan pernikahan, mungkin sebaiknya kamu meminum jamu yang satu ini. Hal tersebut karena jamu gepyokan atau uyup-uyup mampu memperlancar air susu ibu. Jadi setelah memiliki anak nanti, kamu tidak khawatir ASI-mu mampet atau tidak keluar.

5. Jamu paitan (pahit)


Tidak banyak yang menyukai jamu ini, mungkin hanya laki-laki dewasa saja yang masih meminum jamu paitan. Padahal dibalik itu semua, jamu paitan juga memberikan khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Jamu ini mampu menangkal berbagai penyakit seperti kolesterol, jerawat, bahkan mampu membersihkan darah.

6. Jamu kudu laos


Banyak yang bilang kudu laos merupakan jamu sejuta manfaat. Bagaimana tidak, jamu ini memang memberikan kebaikan yang luar biasa bagi peminumnya. Mulai dari menurunkan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, menambah nafsu makan, melancarkan haid, sampai menyegarkan badan.

Melihat begitu banyaknya manfaat yang diberikan jamu, tidak ada alasan lagi buat kita untuk tidak meminum jamu. Setidaknya minumlah jamu sebulan sekali untuk mendapatkan khasiat luar biasa dari minuman tradisional ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s