BEAUTY & TIPS · HEALTHY

10 Cara Turunkan Berat Badan Saat Sedang Tidur

Menurunkan berat badan bukan hanya bisa dilakukan dengan diet semata. Selain olahraga fisik, menjaga tidur berkualitas juga merupakan kuncinya.

Sebuah studi terbaru yang terungkap dalam buku terlaris di New York Time, Zero Belly Diet mencatat ada beberapa cara menurunkan bobot tubuh. Salah satunya bisa dilakukan menjelang tidur. Ya, jadi ternyata melakukan beberapa hal sebelum tidur dapat menurunkan berat badan hingga 55 persen. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan? Simak ulasannya, seperti dikutip Indiatimes, Senin (14/32016) berikut ini:

1. Matikan lampu sebelum tidur

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Pineal Research mencatat, ketika Anda berada di ruangan gelap gulita, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang bukan hanya membuat Anda mengantuk tapi juga membantu proses pembakaran kalori.

2. Matikan gadget

Studi yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Manchester menemukan, panjang pendek gelombang cahaya biru yang dipancarkan dari smartphone dan tablet dapat mengganggu melatonin. Hal ini akan berpengaruh pada sistem metabolisme Anda. Jadi mulai sekarang matikan semua gadget sebelum Anda pergi tidur, ya.

3. Jadwalkan waktu tidur

Penting untuk mengatakan kepada diri sendiri kalau kita bisa tidur lebih awal. Sebab pada orang dewasa, jadwal tidur yang disarankan sekitar 7-8 jam sehari.

Mengonsumsi teh sebelum tidur mungkin bisa membantu menenangkan pikiran. Pilih teh chamomile, lavender dan valerian.

Ketika Anda terlalu banyak makan sebelum tidur, tubuh akan bekerja sangat keras untuk mencernanya sepanjang malam. Ja di sebaiknya pilih makan dalam porsi kecil saja.

6. Makan mint

Mint memiliki kemampuan untuk menekan kelenjar ludah dan rasa lapar. Anda juga bisa mencoba membakar aromatherapy dengan wewangian mint agar tidur lebih tenang dan mencegah lapar.

7. Mengunci dapur

Coba mengunci dapur sekitar pukul 20.00 atau jangan mendekati dapur di jam tersebut. Hal ini akan membantu Anda menurunkan berat badan.

8. Mandi air hangat

Mandi air hangat dapat membantu mencegah stres, mengendurkan otot-otot, dan menenangkan pikiran.

9. Gym bukan ide bagus

Melakukan lathan di gym mendekati waktu tidur dapat mengacaukan jam biologis tubuh Anda. Berolahraga di akhir malam justru akan memberi energi sehingga Anda mungkin akan sulit tidur karena lelah.

10. Hindari makan coklat di malam hari

Meski cokelat memiliki banyak manfaat kesehatan, namun hindari makanan ini di malam hari. Cokelat mengandung kafein yang dapat membuat Anda sulit tidur. Dianjurkan makan cokelat pada siang hari sehingga dapat membakar kalori ekstra juga sepanjang hari.

 

Sumber :Β health.liputan6.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s